Kamis, 6 Mei 2021

Tips Mudah Meningkatkan Energi


Kamis, 10 September 2015 | 11:26:55 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

SETIAP aktivitas yang seringkali menguras energi tubuh Anda dalam jumlah yang cukup banyak, akan berdampak pada penurunan kesehatan pada tubuh.

Dampak yang lebih nyata yang Anda rasakan adalah ketika tubuh Anda terasa mudah lelah atau pun capek. Lelah atau capek inilah yang sering di sebut dengan kurangnya produktivitas pada kinerja Anda.

Berbagai hal bisa menjadi suatu penyebab menurunnya energi yang ada pada tubuh Anda, diantaranya karena kurang tidur pada saat malam hari, kurang asupan nutrisi dan gaya hidup yang kurang sehat.

Di bawah ini, ada beberapa tips meningkatkan energi tubuh dengan cepat, seperti dilansir laman Health, Rabu (9/9).

1. Menyeimbangkan konsumsi karbohidrat Anda

Menurunnya energi pada sore hari mungkin terjadi karena Anda bosan di tempat kerja, tetapi lebih dari itu Anda mungkin saja ada hubungannya dengan apa yang Anda makan saat makan siang. Tubuh dan otak membutuhkan makanan untuk bahan bakar, tetapi ketika banyak kalori yang Anda konsumsi berasal dari karbohidrat seperti roti yang digunakan dalam sandwich atau semangkuk hangat dari pasta, Anda mungkin mulai merasa mengantuk sekitar satu jam setelah makan. Karbohidrat diserap ke dalam aliran darah Anda segera setelah makan.

Tepat setelah makan karbohidrat dan berat gula darah Anda akan mengalami lonjakan besar yang mengakibatkan kelelahan. Namun, kalori yang berasal dari serat, lemak, dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dilepaskan. Untuk itu sebaiknya Anda tidak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saat makan siang namun juga makanan yang mengandung lemak, serat dan protein.

2. Mengendus beberapa mint
Pernahkah Anda memperhatikan bahwa spa cenderung berbau bunga seperti lavender dan ylang ylang? Studi menunjukkan bahwa aroma ini meningkatkan ketenangan. Jika Anda sedang mencari minyak esensial yang membuat Anda lebih berenergi dan waspada, sebaiknya Anda pilih peppermint.

3. Mengonsumsi B12

Bahkan jika Anda makan diet seimbang, Anda mungkin kekurangan nutrisi penting. Jika Anda merasa lesu, cobalah meningkatkan asupan vitamin B12. Vitamin ini secara alami ditemukan dalam makanan hewani seperti daging, ikan, unggas dan susu. Suplemen Vitamin B12 bisa ditemukan dalam vitamin.


Penulis: fny/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments