Rabu, 23 Juni 2021

Pemprov Dukung Penegakan Hukum Terkait Karhutla di Jambi

Selasa, 15 September 2015 | 22:05:35 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ridham Priskap, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh kepolisian terhadap pelaku pembakaran hutan maupun lahan di Jambi. Tidak hanya itu, Pemprov Jambi juga mendukung penyelidikan terhadap perusahaan terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebut.

“Kita dukung upaya kepolisian dan penegak hukum lainnya. Ketika ada indikasi dalam pemeriksaan dan cukup bukti, tentu akan diproses," kata Ridham, Selasa (15/9).

Ditambahkan Ridham, pemerintah bisa mengevaluasi perusahaan-perusahaan yang terbukti lalai atau secara sengaja melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan.

“Ini nanti akan kita lihat perizinannya siapa yang mengeluarkan, izin ini kan banyak wewenang ada di daerah di bupati artinya seyogyanya ketika mereka diberikan izin mereka dapat hak untuk melakukan pengelolaan lahan, tapi harus dibarengi dengan kewajiban tetap menjaga lahan agar tidak melakukan pembakaran," sebut Ridham.

Lebih lanjut Ridham mengatakan, pihaknya juga tidak mempersalahkan jika DPRD Provinsi Jambi bakal membentuk pansus asap. “Silahkan saja, itu kewenangan DPRD. Yang jelas kita pemerintah daerah telah melakukan upaya-upaya penanganan. Kita tidak lambat, dari awal sudah kita lakukan penanganan," pungkasnya.

Reporter :


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments