Minggu, 22 September 2019

Tersangka Karhutla Dari Perusahaan Bisa Ditahan


Jumat, 27 November 2015 | 21:31:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dan jajaran saat ini tengah menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melibatkan perusahaan atau korporasi. Sejauh ini, sudah ada beberapa orang yang ditetapkan sebagai tersangka, dari sejumlah perusahaan yang diperiksa.

Bahkan tersangka dari perusahaan tersebut nantinya bisa ditahan oleh penyidik. Ini dikatakan Kapolda Jambi, Brigjen Pol. Lutfi Lubihanto, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

“Kalau kesana (penahanan tersangka, red) bisa saja, karena itu sebuah proses. Namun kita menunggu kelengkapan berkas dulu,” kata Lutfi, Jumat (27/11).

Lebih lanjut Lutfi mengatakan, saat ini penyidik masih melengkapi berkas pemeriksaan, sesuai dengan petunjuk jaksa. “Nanti setelah lengkap akan dilakukan pelimpahan,” tandasnya.

Untuk diketahui, diantara tersangka karhutla dari korporasi yang telah ditetapkan yakni, SP selaku Manager PT TAL, dan IW selaku Direktur Utama PT DHL. Selain itu juga ditetapkan sebagai tersangka adalah PL, manager Operasionel PT ATGA.

Terhadap tersangka dikenakan pasal 108 jo 56 ayat (1) Undang-Undang Nomor 9 tahun 2014 tentang Perkebunan, dan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments