Sabtu, 19 Oktober 2019

Palembang Akan Bangun LRT


Selasa, 01 September 2015 | 14:52:42 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

TAK hanya Jakarta, kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) juga akan membangun Light Rapid Transit (LRT). Rencananya, pembangunan LRT akan dilakukan awal 2016 setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujuinya.

"Perpres (Peraturan Presiden) pembangunan LRT akan segera diterbitkan Pak Presiden Jokowi,” ujar Nasrun Umar, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Guna membangun LRT tersebut, Pemerintah Provinsi Sumsel membutuhkan anggaran sekitar Rp 7,2 triliun. Nasrun pun berharap pemerintah pusat bisa mendanai pembangunan LRT Palembang karena ini merupakan transportasi masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Nasrun menjelaskan, dirinya sudah pernah bertemu beberapa investor, tetapi ia tidak yakin dengan kemampuan investor menyelesaikan pembangun LRT Palembang tepat waktu. Jadi, ia berharap kepada pemerintah pusat dapat membiayainya melalui APBN atau dengan menugaskan BUMN.

Rencananya, LRT Palembang akan dibangun sepanjang 24 kilometer dengan 23 koridor pemberhentian. Rutenya dimulai dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai ke Kompleks Olahraga Jakabaring. Ditargetkan, LRT tersebut dapat rampung pada 2018 sebelum perhelatan ASIAN Games.


Penulis: rumahku.com
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments