Senin, 24 Januari 2022

Wacana Pembentukan Pansus Karhutla Segera Dibahas

Selasa, 22 September 2015 | 10:35:52 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Wacana pembentukan Panitia Khusus Kebakaran Hutan dan Lahan (Pansus Karhutla) yang bergulir di DPRD Provinsi Jambi, dipastikan tetap berlanjut. Bahkan rencananya, pekan depan mulai dibahas.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Sopian Ali, mengatakan untuk mematangkan rencana ini pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil instansi terkait.

"Akan terus berjalan, pasca Idul Adha ini kita akan panggil Dinas Kehutanan dan Perkebunan terlebih dahulu, untuk meminta keterangan terkait kondisi kebakaran lahan dan hutan saat ini. Ini yang akan menjadi bahan pertimbangan pembentukan Pansus," kata Sopian.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ar Syahbandar, terus mendesak Pansus ini segera dibentuk. Pasalnya, kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap ini, menjadi bencana tahunan yang terus berulang. Karena itu, perlu langkah kongkrit untuk mengatasinya.

“Setidaknya, rekomendasi Pansus bisa menjadi landasan pemerintah untuk menetapkan langkah kebijakan di masa yang akan datang agar kasus kebakaran lahan dan hutan ini tidak terus terjadi,” tegasnya.

Apalagi, sambung Syahbandar, dari 70 persen lahan yang terbakar terjadi di kawasan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Jambi. Sementara, perusahaan-perusahaan itu tidak mau disalahkan terkait kondisi saat ini.

“Karenanya dengan Pansus ini, akan ada standar regulasi bagi perusahaan tentang penanggulangan kebakaran lahan dan hutan ini. Seperti kewajiban memiliki menara pemantau api, embung, peralatan pemadaman kebakaran berstandar, serta personil yang cukup," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments