Selasa, 7 Februari 2023

Pemprov Siapkan 500 Kupon Daging, Pemkot Potong 56 Hewan Kurban

Rabu, 23 September 2015 | 10:47:22 WIB


Hewan kurban yang dinyatakan sehat
Hewan kurban yang dinyatakan sehat / Hardiyansyah

JAMBI – Pemerintah Provinsi dan Kota Jambi akan melakukan pemotongan hewan kurban pada momen Idul Adha tahun ini. Pemprov Jambi akan menyiapkan 500 kupon, sementara Pemkot Jambi akan memotong 56 hewan kurban.

Untuk Pemprov Jambi, 500 kupon yang disiapkan direncanakan akan dibagi untuk masyarakat sekitar Masjid Agung Al-Falah. Kupon tersebut bisa ditukarkan dengan daging kurban yang akan disembelih selepas Salat Ied di Masjid Al-Falah.

Kepala Bagian Kesra dan Haji Pemerintah Provinsi Jambi, Syarifuddin, mengatakan sejauh ini belum bisa dipastikan berapa ekor sapi atau kambing yang akan dipotong pada Idul Adha besok, karena masih menunggu ada tidaknya lagi pihak yang mau berkurban.

"Yang pasti ada bantuan dari Presiden, satu ekor sapi. Sekarang sedang berada di peternakan di Mayang. Itu sebenarnya bantuan, tapi karena momennya pas dengan lebaran haji, dijadikan untuk tambahan hewan kurban Pemprov," kata Syarifuddin.

"Untuk kupon kita siapkan 500 kupon. Tapi nanti masih bisa bertambah," tandasnya.

Sementara itu Pemkot Jambi akan mengadakan Salat Idul Adha di lapangan kantor Walikota Jambi. Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi, Abu Bakar, mengatakan pelaksanaan Salat Ied akan dimulai pukul 07.00 pagi.

Selain melaksanakan Salat Idul Adha, kata Abu, Pemkot Jambi juga akan melakukan pemotongan hewan kurban. Dimana sebanyak 56 ekor hewan kurban sudah disiapkan yang terdiri dari 54 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut merupakan kumpulan hewan kurban dari pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkot Jambi termasuk walikota dan wakil walikota Jambi. Untuk pemotongan, di kantor walikota akan dilakukan pemotongan sebanyak 18 ekor, sedang lainnya akan disebarkan ke kecamatan dalam Kota Jambi.

Pemotongan hewan kurban di balaikota Jambi akan dilaksanakan oleh panitia kurban yang sudah dibentuk Pemkot Jambi. Dimana daging hewan kurban yang dipotong tersebut akan disalurkan kepada para kaum dhuafa yang ada di Kota Jambi.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments