Rabu, 25 November 2020

Jumlah Hewan yang Dikurbankan di Merangin Turun Drastis


Kamis, 24 September 2015 | 23:49:53 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANGKO – Jumlah hewan yang dikurbankan pada momen Idul Adha tahun ini di Kabupaten Merangin, mengalami penurunan drastis. Anjloknya harga sejumlah komoditi andalan, yang berdampak pada ekonomi warga, menjadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah orang yang berkurban.

Bahkan dari data Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Merangin, jumlah hewan yang dikurbankan cenderung menurun sejak dua tahun terakhir. Namun untuk tahun ini, penurunannya sangat drastis.

“Faktor ekonomi mempengaruhi warga untuk berkurban. Mungkin banyak yang punya rencana, tapi harga karet dan sawit mempengaruhi warga untuk mencapai niatnya. Jumlah kurban tahun ini turun drastis," ungkap Markoni, Kepala Disnakan Merangin, Kamis (26/9).

Tahun 2013, kata Markoni, hewan kurban yang disembelih berjumlah 1.500 ekor, dan di tahun 2014 jumlahnya turun menjadi 1.200 ekor. Meski belum menerima semua laporan angka pemotongan hewan kurban, Markoni menyebutkan tahun ini jumlah pemotongan hewan kurban di bawah 1000 ekor.

“Bisa jadi penurunan jumlahnya mencapai 50 persen atau lebih. Itu kita lihat dari sepinya pembeli hewan untuk kurban di sentra peternakan," pungkasnya.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments