Kamis, 2 Juli 2020

Jamaah Haji Jambi Pulang Lewat Palembang Jika ...


Sabtu, 03 Oktober 2015 | 10:29:14 WIB


Jemaah haji tiba di tanah air
Jemaah haji tiba di tanah air / dok.JPNN

JAMBI - Kepulangan jamaah haji asal Provinsi Jambi dijadwalkan dimulai 19 Oktober nanti. Secara berurutan, kepulangan jamaah haji Provinsi Jambi dimulai dari kloter 16 hingga terakhir kloter 20.

Kasubag Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Wahyudi, mengatakan bahwa rencana kepulangan jamaah haji ini terbagi dalam dua opsi, yakni Madinah-Batam-Jambi, atau Madinah-Batam-Palembang-Jambi.

Opsi pertama dipilih jika kondisi di Jambi memungkinkan untuk melakukan pendaratan pesawat. Sedangkan opsi kedua dilakukan jika pesawat tidak dapat mendarat di Jambi, sehingga pendaratan terpaksa dilakukan di Palembang, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Jambi.

"Kita lihat perkembangan asap di Jambi dalam beberapa hari ke depan. Jika memungkinkan kita akan ambil opsi yang pertama. Tapi jika memang tidak memungkinkan kita ambil opsi kedua," ujar Wahyudi.

Sementara itu, hingga kemarin tercatat ada enam orang jamaah haji asal Jambi yang meninggal dunia. Keenam jemaah tersebut meninggal dikarenakan kelelahan, dehidrasi, dan mengalami gangguan saluran pernafasan.

Jamaah haji yang meninggal dunia tersebut yakni, dua orang dari Kabupaten Kerinci yang tergabung di kloter 19, dua orang asal Merangin. Yang tergabung di kloter 20, sau orang dari Tanjung Jabung Barat yang tergabung di kloter 18, dan satu orang dari Kota Jambi yang tergabung di kloter 17.

"Jamaah haji yang meninggal terakhir kemarin atas nama Syamsiar dari kloter 19 Kerinci. Diduga karena kelelahan dan juga sebelumnya Syamsiar memiliki riwayat gangguan jantung," tandasnya.


Penulis: Mg3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments