Selasa, 19 Oktober 2021

Cara Perbaikan Sepeda Motor Tarikannya Lamban

Rabu, 23 September 2015 | 11:47:39 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

SATU lagi permasalahan pada sepeda motor yang masih berkaitan dengan mesin, permasalahan tersebut adalah tarikan sepeda motor menjadi lamban dan waktu berjalan diatas kecepatan 60 Km/jam keatas putarannya turun sendiri.

Putaran mesin turun sendiri disebabkan oleh campuran udara dan bensinnya tidak seimbang. Dalam hal ini jumlah udara terlalu banyak. Penyebabnya antara lain terjadi kebocoran udara pada saluran pemasukan (intake manifold) atau gasket karburator.

Udara bocoran tersebut menambah jumlah udara pada perbandingan campuran sehingga campuran kurus (kelebihan udara). Bisa juga karena saluran-saluran karburator kotor sehingga aliran bensin terhambat atau penyetelan campuranya tidak tepat.

Setel kembali campurannya dengan merubah posisi baut penyetel campuran. Kemudian pindahkan posisi ring jarum sekep dibawah posisi semula agar yang tersemprot lebih banyak. Jika dianggap perlu setel pula lidah pelampungnya sedikit lebih rendah agar bensin yang mengalir ke ruang pelampung lebih banyak.


Penulis: berbagikata.com
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: berbagikata.com

TAGS:


comments