Sabtu, 29 Februari 2020

Penderita ISPA Capai 80 Ribu Jiwa, Andi Pada: Ini Belum Dikategorikan KLH


Senin, 12 Oktober 2015 | 23:14:31 WIB


ISPA: Akibat kabut asap, jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) di Kota Jambi meningkat
ISPA: Akibat kabut asap, jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) di Kota Jambi meningkat / Hardiyansyah

JAMBI - Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Jambi terus mengalami peningkatan. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mencatat, sejak minggu pertama Agustus hingga minggu pertama Oktober 2015, jumlah penderita ISPA sudah mencapai 80 ribu jiwa.

Angka penderita ISPA akibat paparan kabut asap ini melonjak drastis dalam tiga bulan terakhir. Sebelumnya Dinas Kesehatan pada minggu ketiga September mencatat 40 ribu jiwa. Namun, pada minggu pertama Oktober melonjak menjadi 80 ribu jiwa.

Meningkatnya penderita ISPA ini dikarenakan paparan kabut asap yang melanda sejumlah wilayah Jambi sejak Agustus hingga pertengahan Oktober. Meski penderita gangguan pernafasan ini meningkat, namun kasus ini belum dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Belum bisa dikatakan kejadian luar biasa. Sebelum kabut asap jumlah penderita ISPA di Jambi juga cukup tinggi. Pada April lalu, sempat mencapai 30 ribu penderita. Padahal waktu itu tidak ada kabut asap," kata Andi Pada, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Senin (12/10).


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments