Kamis, 19 September 2019

Kesbangpol Minta Timses Paslon Hindari Konflik


Kamis, 15 Oktober 2015 | 10:23:55 WIB


Maskot pilkada serentak Provinsi Jambi, Mang Koro
Maskot pilkada serentak Provinsi Jambi, Mang Koro / Istimewa

JAMBI - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi meminta seluruh tim sukses (timses) setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah mulai dari gubernur hingga bupati/walikota, agar bisa menghindari konflik politik jelang Pilkada serentak 9 Desember nanti.

"Kita imbau seluruh tim sukses untuk tidak melakukan tindakan yang dapat memunculkan konflik," kata Kepala Bidang Penanganan Konflik Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Sigit Eko Yuwono.

Sejauh ini, kata Sigit, kondisi perpolitikan menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang masih kondusif. Namun upaya pencegahan tetap harus dilakukan.

Sigit mengungkapkan, pihaknya terus melakukan upaya antisipasi terhadap kemungkinan munculnya potensi konflik yang akan terjadi jelang Pilkada. Dikatakan Sigit, pihaknya mencegah agar potensi konflik tidak meluas.

"Kita terus melakukan sosialisasi bekerja sama dengan pihak kepolisian, KPU, Bawaslu, dan TNI, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota," ujarnya.

Disebutkan Sigit, sosialisasi merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat. Khususnya, tim sukses agar bisa menahan diri untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat memunculkan konflik atau perpecahan.

Selain itu, kata Sigit, dalam upaya pencegahan konflik, pihaknya juga telah melakukan pemetaan diseluruh  kabupaten/kota terutama yang menyelenggarakan Pilkada. "Tujuannya agar bisa memonitor munculnya konflik dan dapat segera diatasi," tuntasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments