Selasa, 4 Agustus 2020

Penyidik Masih Siapkan Pemberkasan PT ATGA dan PT DHL


Minggu, 18 Oktober 2015 | 20:36:07 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi telah merampungkan pemberkasan terhadap dua tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dari pihak perusahaan. Kedua tersangka yang berkasnya sudah rampung tersebut adalah MN dari PT Recky Kurniawan Kartapersada (RKK) dan SP dari PT Tebo Alam Lestari (TAL).

Belum lama ini, berkas pemeriksaan kedua tersangka telah dilimpahkan tahap I ke kejaksaan untuk diteliti. Sementara itu untuk dua tersangka lainnya, yakni T dari PT Dyera Hutan Lestari (DHL) dan PT dari PT ATGA, hingga saat ini berkas pemeriksaannya telah dirampungkan oleh penyidik.

Ini dikatakan Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, saat dikonfirmasi wartawan. Dikatakannya, PT dan T sejauh ini juga belum diperiksa sebagai tersangka.

“Untuk dua tersangka (PT dan T, red), hingga saat ini masih pemberkasan. Keduanya juga belum diperiksa,” kata Kuswahyudi.  

Seperti diberitakan sebelumnya, pemeriksaan terhadap PT RKK, PT ATGA, dan PT DHL dilakukan oleh Polda Jambi. Sedangkan pemeriksaan terhadap PT TAL dilakukan oleh Polres Tebo. Selain keempat perusahaan tersebut, sejumlah perusahaan lainnya juga ikut diselidiki oleh Polda Jambi dan jajaran.

Dalam kasus ini, masing-masing tersangka dinyatakan lalai dalam mengantisipasi kebakaran yang terjadi di lahannya. Menurut penyidik, kelalaian ini tidak adanya penyediaan alat untuk pemadaman dan sebagainya. Oleh karenanya, empat tersangka dikenakan pasal 108 jo 56 ayat 1 Undang Undang Nomor 9 tahun 2014 tentang Perkebunan dan Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments