Jumat, 28 Februari 2020

Jambi Kembali Dapat Bantuan Heli


Selasa, 20 Oktober 2015 | 10:16:23 WIB


Helikopter yang dipersiapkan untuk melakukan water bombing
Helikopter yang dipersiapkan untuk melakukan water bombing / Anton

JAMBI - Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Jambi masih dalam kategori berbahaya. Sudah empat hari berturut-turut ISPU berada di atas 300 atau masuk kategori berbahaya.

"Kemarin ISPU 329, masih berbahaya," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi, Rosmeli.

Terpisah, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan masih terus diupayakan. Selain operasi jalur darat dengan mengerahkan personel TNI, Polri, dan Manggala Agni, juga dilakukan pemadaman dan pendinginan melalui water booming lewat udara dengan menggunakan helikopter bolkow.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar, saat dikonfirmasi mengatakan, usulan bantuan bolkow ke pemerintah pusat akhirnya dikabulkan. Dari pemerintah pusat dalam beberapa hari ke depan akan mengirim bolkow, helikopter yang bisa digunakan untuk melakukan water bombing.

"Sudah ada satu bantuan," kata Arif.

Dengan adanya bantuan satu bolkow lagi, saat ini Satgas Karhutlah dan bencana asap memiliki dua armada helikopter jenis bolkow yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman lewat udara. Tujuannya untuk melakukan pemadaman atau pendinginan di lokasi yang sulit diakses lewat jalur darat.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments