Selasa, 25 Februari 2020

Pemerintah Siapkan Opsi Evakuasi untuk Korban Asap di Jambi


Sabtu, 24 Oktober 2015 | 13:45:44 WIB


Pj Gubernur Jambi didampingi Danrem 042/Gapu saat turun ke Desa Puding, Kumpeh Ilir
Pj Gubernur Jambi didampingi Danrem 042/Gapu saat turun ke Desa Puding, Kumpeh Ilir / Hardiyansyah

JAMBI - Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Irman, mengatakan saat ini pihaknya bersama Danrem 042/Gapu dan Kapolda Jambi akan menyiapkan tindakan evakuasi warga. Terutama untuk warga di lokasi yang wilayahnya terdapat titik api dan ketebalan asapnya sudah berada di level berbahaya.

"Kita benar-benar bersungguh-sungguh. Jangan sampai ada masyarakat yang terkena penyakit karena asap. Jadi kita segera siapkan jalur evakuasi, Selasa (27/10) besok keputusan resminya," kata Irman.

Disebutkannya, evakuasi yang disediakan adalah dengan membuat rumah singgah, Puskesmas, dan ruangan khusus, yang telah disediakan segala macam obat-obatan dan keperluan kesehatan lainnya, termasuk ruang bermain anak dilengkapi AC.

"Kalau diperlukan kita buat posko khusus, dan bukan tidak mungkin evakuasi ke kabupaten lainnya, " bebernya.

Lebih lanjut Irman mengatakan, evakuasi akan diutamakan untuk warga yang memang harus diberikan pelayanan kesehatan, seperi bayi, balita, ibu hamil, dan lansia.

Sementara itu Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf. Makmur, mengatakan langkah evakuasi yang diinstruksikan pemerintah pusat merupakan langkah yang tepat. Karena menurutnya, memberikan perlindungan masyarakat terhadap dampak asap merupakan salah satu tugas dari Satgas dan dirinya selaku TNI.

"Tindakan kita adalah tindakan preventif, mengevakuasi warga ke suatu ruangan yang steril. Dan itu akan disiapkan di setiap desa, dan setiap ambulance harus terus berputar di kawasan desa-desa yang terkena dampak asap,” kata Makmur.

Namun apabila telah termasuk skala besar, maka baru akan dilakukan evakuasi ke luar daerah. Menurutnya, meskipun hal itu tidak diharapkan, tapi pemerintah daerah harus mempersiapkan segala sesuatunya.

“Tidak menutup kemungkinan kita akan mengevakuasi ke luar daerah. Bahkan bisa saja kita akan datangkan kapal perang untuk evakuasi warga yang memang membutuhkan udara sehat, karena semua tergantung kondisi ke depan, yang jelas kita tetap berharap tidak separah itu," tuntasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments