Minggu, 20 Oktober 2019

Pimpinan DPR Buka Donasi untuk Korban Asap


Jumat, 30 Oktober 2015 | 11:07:27 WIB


Ketua DPR RI, Setya Novanto
Ketua DPR RI, Setya Novanto / dok/JPNN

JAKARTA - Pimpinan DPR RI menginisasi pengumpulan donasi dari para wakil rakyat untuk para korban bencana asap di Sumatera, Kalimantan hingga Papua. Ini disampaikan langsung dalam Rapat Paripurna DPR ke-9 di komplek Parlemen Jakarta, Jumat (30/10).

Ketika itu, bentuk empati pimpinan DPR ditunjukkan dengan mengenakan masker saat memimpin rapat. Lima pimpinan itu diantaranya Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan selaku pimpinan sidang, Ketua DPR Setya Novanto (ketua) dan tiga wakil lain, Fajri Hamzah, Agus Hermanto dan Fadli Zon.

"Ini sebagai bentuk empati dan solidaritas, silahkan ketua DPR berikan pidato singkat," kata Taufik.

Setya Novanto ketika itu menyampaikan bahwa saat ini kebakaran hutan dan lahan (karhutla terjadi begitu massif dan telah menimbulkan korban jiwa.

"Butuh biaya besar mengatasinya. Pimpinan dewan mengimbau untuk seluruh anggota DPR dapat berempati membantu saudara kita yang menjadi korban asap," kata Novanto.

Ya, di depan ruang rapat memang terlihat sebuah kotak transparan bertuliskan "Donasi untuk Korban Asap", tapi di dalamnya baru kelihatan 3 lembar uang pecahan Rp 100 ribu. Anggota juga dipersilahkan menyalurkan sumbangan melalui rekening khsus Setjen DPR.

"Pimpinan sudah memulai dengan menyumbang masing-masing pimpinan 10jt rupiah. Kalau bersedia menyumbang dengan pemotongan tunjangan, besaran dipersilahkan. Dana ini akan disulurkan langsung ke daerah yang terkena asap," pungkasnya.


Penulis: fat/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM


comments