Kamis, 2 April 2020

Ingin Merasakan Lezatnya Gulai Kepala Kakap Bumbu Tradisional? RM Puri Minang Jawabannya


Jumat, 30 Oktober 2015 | 11:26:25 WIB


Gulai Kepala Kakap Rumah Makan Puri Minang menggugah selera
Gulai Kepala Kakap Rumah Makan Puri Minang menggugah selera / Yazid

BICARA soal gulai kepala ikan kakap, selalu terbayang cita rasa kuliner yang menggugah selera. Mulai dari memilah daging ikan dari tulang kepala, menicicip gurihnya, hingga sensasi sedap kuah kaya bumbu tradisional yang menyempurnakan rasa.

Basri Bayong, Manager RM. Puri Minang mengatakan, "Hampir semua rumah makan Padang ternama memiliki menu ini, namun uniknya masing-masing memiliki cita rasa khas sendiri". "Di RM Puri Minang contohnya, menu gulai kepala ikan kakap di tempat ini langsung tampak berbeda berkat warna kuah yang sedikit lebih pekat. Ini penanda bahwa bumbu yang digunakan lebih beragam, di tempat ini gulai kepala ikan kakap disajikan bersama cabai rawit " Ungkapnya, Kamis (29/10).

Dikatakan, Kuah gulai dibuat menggunakan bahan-bahan seperti jahe, laos, kunyit, santan kelapa, garam dan beberapa bumbu khas rumah makan ini. Proses memasaknya tidak begitu lama, setelah menjalani beberapa tahapan, gulai kepala kakap cukup dimasak selama 30 menit bersama kuah santan. Bila Anda mencicipi kuah gulai ini, karakter rasa dari bumbu-bumbu tersebut hampir bisa dipastikan akan anda rasakan satu persatu.

Lebih lanjut Ia menambahkan, bahan baku kepala ikan kakap ini sengaja di datangkan dari rumah makan induk yang ada di Jakarta. Melihat ukuran kepala ikan hingga bisa disantap sedemikian lezat, tentunya ikan yang dipilih adalah ikan berukuran besar. Semakin besar ikan, semakin banyak pula daging yang bisa disantap.

Selain gulai kepala ikan kakap, ada sederet menu yang banyak diminati pelanggan di sini, diantaranya Sop Iga, Ayam Pop, Ayam Cabai hijau, Ikan Bakar, Rendang dan Dendeng. Sop iga menggunakan iga pilihan, sehingga menurut Basri kualitas rasanya melebihi daging konro, pungkasnya.


Penulis: Yazid
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments