Selasa, 2 Juni 2020

2.264 Suara SAD Terdaftar di DPT


Jumat, 06 November 2015 | 13:48:53 WIB


Sosialiasi dengan kelompok marginal, Suku Anak Dalam, oleh KPU dalam rangka pilkada serentak tahun 2015
Sosialiasi dengan kelompok marginal, Suku Anak Dalam, oleh KPU dalam rangka pilkada serentak tahun 2015 / Khusnizar

JAMBI - Sebanyak 2.264 warga Suku Anak Dalam (SAD) terdaftar sebagai pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 9 Desember mendatang. Jumlah ini tersebar di empat kabupaten, yakni Merangin, Tebo, Sarolangun, dan Batanghari.

Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, M Sanusi, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan kepada warga SAD. Tidak hanya itu, KPU juga sudah turun langsung ke SAD untuk melakukan sosialisasi terkait jadwal pelaksanaan hingga tata cara pemungutan suara.

“Semua daerah sudah kita masuki, baik dilakukan KPU Provinsi Jambi sendiri maupun KPU kabupaten,” kata Sanusi.

Ditambahkan Sanusi, di Sarolangun jumlahnya ada 232 tersebar di 3 TPS. Lalu, Merangin ada 264 orang tersebar di 6 TPS. Kemudian di Batanghari, ada 1.456 yang tersebar di wilayah TPS Padang Kelapo, Sungai Lingkar, dan Batu Sawar. Lalu ada di Bungku sebanyak 672 orang, dan di Tebo ada 260 orang. “Totalnya 2.264 orang,” ujarnya.

Mengenai partisipasi pemilih, Sanusi mengaku selama ini tergantung dari kondisi SAD. Jika tidak ada musibah, SAD tetap berada di wilayah ketika mereka didata. Namun jika ada musibah seperti keluarga yang meninggal dunia, maka mereka akan berpindah.

“Istilahnya melangun. Kita doakan tidak ada musibah,” tandasnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments