Sabtu, 30 Mei 2020

Pertanyaan Ditempatkan Dalam Amplop


Sabtu, 07 November 2015 | 10:53:15 WIB


 Cawagub Jambi, Edi Puwanto (EP) dan Fachrori Umar siap tampil di panggung debat terbuka
Cawagub Jambi, Edi Puwanto (EP) dan Fachrori Umar siap tampil di panggung debat terbuka / dok/metrojambi.com

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi nanti malam, Sabtu (7/11), akan menggelar debat terbuka Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jambi di Ratu Convention Center (RCC). Menariknya, pada debat kali ini Cawagub Edi Purwanto (EP) dan Fachrori Umar (FU) akan mengambil sendiri pertanyaan yang dirumuskan tim pakar di sebuah amplop yang disediakan panitia di panggung.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, mengatakan bahwa dari diskusi yang dilakukan kali terakhir, kedua perwakilan tim pasangan calon menginginkan adanya pencabutan amplop tersebut. Bagi KPU sendiri, kata Sanusi, hal ini tidak menjadi masalah selagi unsur dan tujuan debat itu sendiri tidak hilang.

"Tidak jadi persolan. Tentunya agar tidak monoton seperti kemarin (debat Cagub, red)," ujarnya.

Selain pencabutan amplop, tidak ada yang berubah dari teknis debat kandidat yang akan dilaksanakan nanti malam. Artinya, di panggung nantinya keaktifan moderator tetap akan dominan dan berperan. "Untuk debat ini kita pakai (moderator, red) M Farisi, Dosen Fisipol Unja," kata Sanusi.

Mantan Ketua KPU Batanghari ini menambahkan, pada pertemuan persiapan debat ini membahas permasalahan teknis seperti masalah pencahayaan, sudut pengambilan gambar. Selanjutnya, pada persoalan ketika di atas panggung dan teknik menggunakan mikrofon.

Lalu adakah kostum khusus untuk cawagub? Ia mengatakan untuk Cawagub tetap akan memakai jas. Namun di dalam forum rapat diakui sempat berkembang untuk memakai batik. "Bisa saja diganti, tapi pertimbangannya undangan sudah beredar," ucapnya.

Untuk undangan sendiri yakni sebanyak 457 yang terdiri dari tim sukses dan undangan umum. Selanjutnya juga dihadiri oleh KPU kabupaten/Kota. “Untuk undangan sudah kita kurangi. Kita harapkan debat ini bisa berjalan lancar,” tegasnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments