Minggu, 23 September 2018

427 Sekolah di Merangin Alami Perubahan Nomenklatur


Rabu, 11 November 2015 | 14:34:50 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANGKO - Ratusan sekolah di Kabupaten Merangin mengalami perubahan nomenklatur sejak 2006 lalu. Perubahan nomenklatur ditandai dengan berubahnya nomor urut sekolah, disertai nama kabupaten dibelakangnya.

Dengan perubahan nomenklatur satuan pendidikan, otomatis sekolah negeri yang ada di Kabupaten Merangin tidak ada lagi menggunakan nama kecamatan.

"Perubahannya sejak 2005 atau 2006 lalu. Sejak itu sekolah yang berstatus negeri di wilayah Merangin sudah dirubah mengunakan nama kabupaten," kata M Zubir, Sekretaris Dinas Pendidikan Merangin.

Menurut Zubir, perubahan nomenkaltur satuan pendidikan dilakukan berdasarkan nomor urut. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"SMP dan SMA nomornya diurutkan, misalnya dulu SMA 1 Tabir, dirubah menjadi SMA 2 Merangin dan seterusnya. Kecuali Sekolah Dasar masih ada nama desa dibelakangnya, tapi nomornya tetap berubah," jelas Zubir.

"Sementara untuk sekolah negeri yang baru, nomornya disesuaikan dan diurutkan dari yang lama ke yang baru," ujarnya lagi.

Adapun sekolah negeri yang mengalami perubahan nomenklatur yakni, 310 SD, 85 SMP, 19 SMA, dan 13 SMK. "Totalnya sekolah negeri 427, ada lagi 1 SMA persiapan negeri," tandasnya.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments