Senin, 30 November 2020

Warga Jambi Diminta Waspadai Banjir dan Longsor Dadakan


Kamis, 12 November 2015 | 10:50:57 WIB


Kondisi jalan di Desa Seberang Merangin yang sempat tertimbun longsor.
Kondisi jalan di Desa Seberang Merangin yang sempat tertimbun longsor. / Averman

JAMBI - Setelah kabut asap, masyarakat di sejumlah daerah di Jambi kembali dihadapkan dengan ancaman bencana banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi mengeluarkan imbauan agar tetap waspada.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar, mengatakan sedikitnya ada empat daerah yang memiliki potensi besar terjadinya longsor, yaitu Kerinci, Sarolangun, Merangin, dan Tanjung Jabung Barat. Sementara untuk banjir berpotensi terjadi diseluruh daerah se-Provinsi Jambi.

"Kita minta masyarakat waspada jika terjadi banjir dan longsor dadakan. Karena BMKG mengatakan, sejak pertengahan November ini sampai April 2016 mendatang Jambi memasuki musim hujan," kata Arif.

Ditambahkan Arif, pihaknya membagi jenis banjir yang rentan terjadi di Provinsi Jambi menjadi tiga macam, yakni banjir musiman, banjir bandang, dan banjir rob.

"Setelah dilakukan pemetaan, banjir musiman itu berpotensi terjadi di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi. Sedangkan untuk banjir bandang rentan terjadi di Kabupaten Kerinci, Sarolangun, Kota Sungaip Penuh, Merangin, dan Tanjung Jabung Barat," beber Arif.

"Sedangkan untuk banjir rob itu hanya kerap terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat," ujarnya.

Sedangkan untuk longsor, Arif mengatakan rentan terjadi di daerah perbukitan. "Seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Merangin, Kerinci, dan Sarolangun," tandasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments