Selasa, 14 Juli 2020

63.532 KPPS Teken Pakta Integritas


Kamis, 12 November 2015 | 11:00:50 WIB


Maskot Pilkada Serentak Jambi, Mang Koro
Maskot Pilkada Serentak Jambi, Mang Koro / KPU Provinsi Jambi

JAMBI - Sebanyak 63.532 Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) se-Provinsi Jambi akan menandatangani pakta integritas. Ini untuk memastikan dan mengantisipasi rentannya keterlibatan KPSS dalam kegiatan tim sukses baik itu Calon Gubernur (Cagub) mapun Calon Bupati (Cabup), dan Calon Walikota (Cawako).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provisi Jambi, Desy Arianto, mengatakan rekrutmen KPSS telah selesai dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Selanjutnya KPPS akan menandatangi pakta integritas untuk memastikan agar tidak terlibat tim sukses.

“Nanti akan ada penandatanganan fakta integritas dari KPU oleh KPPS,” ujarnya.

Menurut Desi, antisipasi awal juga telah dilakukan pada saat rekrutmen sebelumnya. Seleksi KPPS dilakukan sangat ketat dengan meminta kepada PPS untuk melakukan seleksi seketat mungkin.

"Kita adakan seleksi di internal PPS untuk mengetahuinya. Jika bersih baru diterbitkan SK-nya," ucapnya.

SK ini sendiri, lanjut Desy, dikeluarkan oleh PPS mengatasnamakan KPU, sehingga bintek terhadap KPPS ini di sebagian daerah telah berjalan. "Awal Desember nanti kita sudah konsentrasi ke persiapan TPS, jadi sebelumnya sudah harus selesai semua Bintek," tandasnya.



Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments