Selasa, 24 November 2020

Pemprov Jambi Susun Rencana Angkutan Aglomerasi


Kamis, 12 November 2015 | 11:05:35 WIB


Tampak bus Antar Kota Dalam Provinsi
Tampak bus Antar Kota Dalam Provinsi / Humas Kota Jambi

JAMBI - Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah menyusun perencanaan untuk angkutan berbasis jalan raya atau angkutan dengan sistem aglomerasi.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Amsyarnedi, mengatakan bahwa angkutan berbasis jalan raya tersebut nantinya akan terintegrasi antara Kota Jambi dengan sejumlah kabupaten terdekat.

"Sementara ini kita mendapat bantuan sebanyak 25 unit bus dari pemerintah pusat, dan itu untuk angkutan berbasis jalan raya yang nantinya menghubungkan Kota Jambi dengan kabupaten sekitarnya," kata Amsyarnedi.

Dikatakannya lagi, sebanyak 25 unit bus yang berkapasitas 40 penumpang itu direncanakan akan menghubungkan Kota Jambi-Kabupaten Muarojambi-Batanghari. "Untuk koridornya masih dalam proses dan juga dalam waktu dekat ini akan dirapatkan bersama dengan pemerintah daerah yang akan dilalui oleh angkutan itu," ujarnya.

Lebih lanjut Amsyarnedi mengatakan, salah satu rute yang akan dilalui angkutan aglomerasi yakni jalur Mendalo, yang merupakan salah satu pusat pendidikan di Jambi. "Direncanakan nantinya akan ada sekitar 80 halte di sejumah ruas jalan yang akan dilalui angkutan itu," ujarnya.

Namun pihaknya belum memastikan angkutan berbasis jalan raya tersebut akan terealisasi, karena masih menunggu pemerintah pusat. "Informasi terakhir tahun ini angkutannya sudah akan dibagikan, tapi bukan begitu langsung teralisasi dan masih ada study selanjutnya," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments