Senin, 28 September 2020

Pemasangan Lampu LED Telan Dana Rp 2,1 Miliar


Jumat, 13 November 2015 | 11:40:25 WIB


Walikota Jambi, Sy Fasha
Walikota Jambi, Sy Fasha / Facebook

JAMBI - Penerangan jalan dalam Kota Jambi yang dilakukan Walikota Jambi, Sy Fasha, menelan dana cukup besar. Melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP), tahun ini dipasang 400 titik Smart Lamp (LED) yang disebut lampu pintar dan hemat Energi.

Kepala DKPP Kota Jambi, Moncar, mengatakan, pemasangan lampu LED ini menelan anggaran sekitar Rp 2,1 miliar. Untuk tahun 2015 ini, pemasangan LED difokuskan di jalan-jalan utama Kota Jambi.

Dijelaskan Moncar, dengan menggunakan lampu LED Smart Lamp ini, bisa menempatkan watt nya sesuai dengan keinginan, sehingga bisa menghemat energi yang otomatis menghematkan bayaran listrik. ”Ini bisa hemat 30 sampai 50 persen,” sebut Moncar.

Dikatakannya lagi, dengan sistem LED ini, lampu bisa dikontrol dari wilayah lain untuk mengatur tingkat keterangannya. Dicontohkannya apabila disuatu lokasi memerlukan penerangan yang lebih atau harus lebih gelap, itu bisa langsung disetel dari lokasi lain.

"Semuanya otomatis, dari rumah kita bisa matikan atau tingkatkan keterangannya," sebutnya.

Disebutkannya, dari 400 titik yang direncanakan dipasang tahun ini, sudah terpasang sekitar 40 titik, yakni di kawasan jalan Sukarno Hatta. Jalan lain yang akan dipasang adalah jalan Yusuf Singadekane, Slamet Riyadi, jalan Sudirman dan jalan protokol lainnya.

"Saat ini dalam proses perakitan untuk pemasangan di ruas jalan protokol lainnya," tandasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments