Minggu, 8 Desember 2019

Ratusan Kendaraan di Kota Jambi Tidak Lulus Uji Emisi


Jumat, 13 November 2015 | 22:51:38 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi telah melakukan uji emisi terhadap 1.980 kendaraan. Hasilnya, ratusan kendaraan dinyatakan tidak lulus uji emisi, dan kebanyakan adalah yang berbahan bakar solar.

“Ada 378 kendaraan yang tidak lulus uji emisi," kata Kepala BLH Kota Jambi, Evi Primawati, Jumat (13/11).

Disebutkannya, uji emisi dilakukan terhadap 1.320 kendaraan berbahan bakar premium, dan 534 kendaraan berbahan bakar solar. “Sekitar 53 persen kendaraan berbahan bakar solar, seperti truk, tidak lulus uji emisi," sebutnya.

Hasil petikan uji emisi tersebut, ujar Evi, dilakukan di tiga lokasi yang ramai dilalui kendaraan, seperti di Jalan Sultan Thaha, tepatnya di depan WTC Batanghari, Jalan Hos Cokroaminoto Simpang Kawat, dan Jalan Agus Salim Kotabaru. Dikatakannya lagi, hasil uji emisi gas buang kendaraan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai dasar pengajuan Peraturan Daerah (Perda) tentang gas buang kendaraan.

“Kota Jambi komitmen turut mengurangi produksi emisi gas buang kendaraan dan efek gas rumah kaca. Tahun ini kita rencananya akan mengajukan perda tentang emisi gas buang," ujarnya.

Lebih lanjut Evi mengatakan, hasil uji emisi tersebut nantinya juga akan diusulkan sebagai syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor.  “Kalau sekarang uji emisi satu kali setahun dan juga tidak semua kendaraan yang diuji. Nantinya ketika membayar pajak kendaraam harus melalui uji emisi dulu," pungkasnya.




Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments