Senin, 13 Juli 2020

Antisipasi Banjir, Pemprov Jambi Minta Bantu Pusat


Sabtu, 14 November 2015 | 13:51:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Amril Hidayat

JAMBI - Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Irman, mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Jambi, pihaknya saat ini telah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat, baik bantuan peralatan, maupun makanan siap saji.

Beberapa bantuan yang diminta seperti 12 unit perahu karet dari BNPB, 500 pac family kid dari BNPB, 500 pack makanan siap saji dari BNPB, 2 set peralatan komunikasi dari BNPB, normalisasi sungai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), serta pembangunan turap dari Kementerian PU Pera.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa permasalahan yang harus segera diantisipasi sedini mungkin. Salah satunya terkait adanya tanah longsor dari tebing di pinggir jalan di jalan ruas Bangko (Kabupaten Merangin) ke Kabupaten Kerinci.

"Itu waktu saya ke Kerinci, tebing tersebut masih rentan, dimana ketika longsoran tanah belum diambil dan tebing longsor, maka akses jalan dari Bangko ke Kerinci terancam lumpuh, ini harus cepat diatasi," kata Irman.

Kekuatan personel menghadapi bencana di Provinsi Jambi saat ini, kata Irman, yaitu, Basarnas 26 orang, TNI (Den Bekang) 12 orang, Polri (Shabar Polda) 150 orang (2 SSK), TRC BPBD kabupaten/kota 255 orang, TRC BPBP Provinsi Jambi 25 orang, Dinas Kesehatan 7 orang, Tagana 185 orang, Senkom Mitra Polri 25 orang, Hipgabi 6 orang, BMKG 10 orang, dan Satpol PP 30 orang

"Kalau kekuatan sarana dan prasarana kita saat ini ada 1 unit mobil dumlap, 1 unit mobil truk serbaguna, 1 unit tangki air, 1 unit amphibi, 12 unit perahu karet, 1 unit kapal mercuri, 11 unit mobil rescue, 25 unit tenda pengungsi, 1 unit mobil toilet, 1 unit mobil comob, dan 2 unit perahu dolphin," sebut Irman.

"Kalau bisa jangan terjadi banjir dan longsor, kalaupun terjadi, penanganannya harus lebih dini atau lebih awal, dan kita akan segera menindaklanjuti dan akan didukung oleh TNI dan Polri serta semua pihak terkait,” ujarnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments