Kamis, 22 Oktober 2020

UKG Gunakan Sistem CBT


Sabtu, 07 November 2015 | 11:22:46 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Mulai tanggal 9 hingga 27 November 2015, sekitar 47 ribu guru se Provinsi Jambi akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG). Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kompetensi guru di Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Rahmat Derita, mengatakan UKG ini dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. "Kami sudah berkoodinasi dengan Disdik di kabupaten/kota. Lokasi ujiannya sesuai dengan lokasi guru mengajar," kata Rahmat

UKG tahun ini, lanjut Rahmat, tidak lagi menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), melainkan dengan Computer Basic Test (CBT). Sehingga guru-guru dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer.

"Tes nya tidak lagi menggunakan kertas, namun menggunakan sistem CBT," bebernya.

Dikatakannya lagi, ada standar nilai yang harus dipenuhi guru untuk mendapatkan sertifikat UKG, yakni 5,5. Namun bukan berarti ketika nilai guru tidak sampai segitu, hak guru tidak akan diberikan.

"Ketika nilai tidak sampai, maka kita lakukan latihan atau pemantapan untuk mendapatkan nilai standar tersebut," katanya.

UKG sendiri tidak ditentukan jadwalnya, karena guru bisa ikuti tes ketika mereka punya waktu luang. Sehingga tidak akan mengganggu jam mengajar para guru. "Ketika guru ada jam pelajaran, mereka bisa mengikuti UKG di waktu lain," tandasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments