Sabtu, 19 Oktober 2019

Debit Air Sungai Batanghari Masih di Bawah Normal


Senin, 16 November 2015 | 11:21:45 WIB


Meski diguyur hujan, debit Sungai Batanghari masih dibawah normal
Meski diguyur hujan, debit Sungai Batanghari masih dibawah normal / Anton

JAMBI – Hujan yang mengguyur wilayah Jambi sejak beberapa waktu belakangan ini, ternyata belum terlalu berpengaruh terhadap debit air Sungai Batanghari, yang saat ini masih di bawah normal. Namun demikian, dibandingkan beberapa pekan lalu sudah ada kenaikan.    

Syahruddin, pemantau debit air di Tanggo Rajo mengatakan, ketinggian air kemarin tercatat 7,65 meter. Angka itu masih di bawah normal, karena normalnya sembilan meter. Syahruddin menyebut, pergerakan tingginya air Sungai Batanghari masih lambat. Disebutkannya, Sabtu (14/11) lalu ketinggian air hanya 7,50 meter.

"Dalam sehari kemarin hanya naik 15 cm. Naik memang, tapi pelan," kata Syahruddin.

Ketinggian air yang perlu diwaspadai adalah ketika sudah bergerak ke angka belasan meter. Biasanya jika ketinggian air sudah menjadi 12 meter lebih, maka daerah pinggiran Sungai Batanghari sudah mulai digenangi air. "Kalau sudah 13 meter, itu sudah banjir di pemukiman warga sekitar pinggiran sungai," ujarnya.

Meskipun saat ini masih di bawah normal, Syahruddin mengatakan kemungkinan besar akan terus bertambah tinggi. Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ketinggian air Sungai Batanghari mulai naik secara drastis pada Desember.

"Kemungkinan (banjir, red) ada, sekitar Januari atau Februari biasanya," tuntasnya.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments