Senin, 9 Desember 2019

Di Tiga Kabupaten Ini, Angka Kemiskinan Masih Tinggi


Rabu, 18 November 2015 | 09:57:13 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / kabardahlaniskan.com

JAMBI - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Fauzi Ansori, mengatakan bahwa saat ini angka kemiskinan di Provinsi Jambi mencapai 7,93 persen. Berdasarkan data, ada tiga kabupaten yang angka kemiskinannya masih tinggi.

Ketiga kabupaten tersebut yakni, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), dan Sarolangun. Pemprov Jambi sendiri memiliki target untuk menekan angka kemiskinan menjadi 6 persen saja. Hanya saja, kata Fauzi, target tersebut perlu dirasionalisasikan kembali, mengingat tidak mudah untuk menekan angka kemiskinan.

Dari data yang dimiliki Bappeda Provinsi Jambi, tahun 2010 lalu angka kemiskinan di Provinsi Jambi mencapai 8,34 persen. Kemudian tahun 2011 menjadi 8,65 persen, dan setahun kemudian turun menjadi 8,42 persen. Lalu pada tahun 2013 kemiskinan berada di angka 8,07 persen, dan pada 2014, angka kemiskinan menjadi 7,93 persen.

"Kita harus hitung lagi berapa target yang logis. Setiap tahunnya kita hanya bisa turunkan 0,5 persen angka kemiskinan. Ini tidak hanya di provinsi saja, namun secara nasional juga demikian," ujarnya.

Jika tidak dirasionalisasikan, untuk mencapai target 6 persen tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, dan perlu adanya kegiatan serta program pro rakyat. Dalam hal ini, setiap daerah harus memiliki kegiatan agar masyarakat memiliki pekerjaan dan memiliki penghasilan.

"Strateginya, harus ada program yang pro rakyat, dan ada lapangan pekerjaan," tuntasnya.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments