Selasa, 22 Oktober 2019

DPRD Kota Jambi Sahkan 5 Ranperda


Rabu, 18 November 2015 | 11:26:39 WIB


PENGESAHAN PERDA; DPRD Kota Jambi saat Paripurna pengesahan 5 Ranperda yang diajukan Pemkot Jambi, Selasa (17/11).
PENGESAHAN PERDA; DPRD Kota Jambi saat Paripurna pengesahan 5 Ranperda yang diajukan Pemkot Jambi, Selasa (17/11). / Amril Hidayat

JAMBI - Rapat paripurna DPRD Kota Jambi Selasa (17/11) kemarin, telah mengesahkan lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Namun dewan juga menunda pengesahan tiga Ranperda karena bertentangan dengan Undang-Undang yang lebih tinggi dan kekurangan syarat.

Ketua DPRD Kota Jambi, Muhammad Nasir, mengatakan yang telah disetujui yakni, Ranperda tentang pedoman penetapan air minum pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Ranperda tentang pemeriksaan kualitas air,Ranperda pengelolaan air limbah domestik pemukiman, dan Ranperda pedoman penataan pembinaan pasar rakyat, pusat pembelanjaan dan toko swalayan.

Kemudian Renperda tentang perubahan atas Perda Nomor 5 tahun 1990 tentang ketentuan pokok pengelolaan dan pelayanan air minum, dan Ranperda tentang pedoman ketetapan tarif air minum pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Kedua Ranperda terakhir digabung menjadi satu, yaitu Ranperda tentang pengembangan sistem penyediaan air minum.

Sementara untuk Ranperda yang ditunda pembahasan dan pengesahannya yakni, Ranperda tentang ruang terbuka hijau, dan Ranperda tentang pembentukan organisasi lembaga lain, serta Ranperda tentang pengeluaran pelayanan publik.

Sementara itu Wakil Walikota Jambi,  Abdullah Sani, yang hadir dalam paripurna tersebut, mengatakan dengan pengesahan Ranperda tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam penyelengaraan dan pengelolaan urusan yang menjadi kewenangan daerah.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments