Senin, 13 Juli 2020

Renovasi Gedung DPRD Provinsi Jambi Dianggarkan Rp 90 Miliar


Sabtu, 28 November 2015 | 00:48:03 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dianggarkan Rp 90 miliar, dengan dua kali tahun anggaran, yakni 2016 dan 2017.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston, mengatakan gedung baru itu rencananya dibangun lima lantai dengan 75 ruangan, dan dilengkapi eskalator.

“Penambahan gedung baru sudah 10 tahun diusulkan, tapi banyak yang menolak. Kalau sekarang tidak bisa lagi karena memang sangat dibutuhkan," kata Cornelis usai paripurna pengesahaan RAPBD Pemprov Jambi 2016 di gedung DPRD setempat, Jumat (27/11).

Nantinya, lanjut Cornelis, setiap anggota dewan mempunyai satu ruangan, dengan pertimbangan dewan merupakan tokoh di daerah pemilihannya, yang setiap saat harus bisa melayani masyarakat.

“Kalau sekarang anggota dewan duduknya seperti anak SD, satu ruangan ramai-ramai. Jadi ketika mereka mau menerima tokoh masyarakat atau siapa yang berasal dari Dapilnya memang tidak ada tempat lagi," katanya.

Pertimbangan lain penambahan gedung baru, yakni ketika DPRD menggelar momen besar seperti HUT RI ataupun provinsi. Dimana tamu yang sudah lanjut usia tidak lagi mampu menaiki tangga gedung yang ada.
 
“Orang-orang tua kalau ke gedung mereka susah naik tangga, turunnya juga susah, kan kasihan. Untuk itu kita buat escalator naik turun," ujarnya.

Cornelis mengungkapkan, bangunan gedung baru itu ditargetkan selesai akhir Desember 2017. Atinya, gedung baru lima lantai yang dibangun di belakang gedung utama itu sudah bisa digunakan pada tahun 2018.

“Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 90 miliar, pengerjaan dimulai tahun 2016 dengan anggaran awal Rp 10 miliar. Tahun berikutnya kita anggarkan lagi Rp 80 miliar," tandasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments