Minggu, 25 Agustus 2019

Wabah Hepatitis di IPB Diduga Karena Ini?


Jumat, 11 Desember 2015 | 11:17:52 WIB


ILUSTRASI.
ILUSTRASI. / Foto : dok jpnn

BOGOR - Kompleks Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor, Jawa Barat tengah dilanda berbagai wabah penyakit. Sejak pekan lalu setidaknya ada belasan mahasiswa yang dilarikan ke rumah sakit karena terjangkit mulai dari campak, tifus dan demam tinggi sampai hepatitis.

Mengenai penyebab dari wabah ini, pihak kampus masih memilih bungkam. Pasalnya, tim teknis yang dibentuk IPB untuk melakukan investigasi  saat ini masih bekerja. "Kalau sudah ada hasilnya pasti akan kami rilis," kata Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti kepada Radar Bogor (grup JPNN), Kamis (10/12).

Meski begitu, tak menutup kemungkinan, salah satu faktornya adalah faktor kebersihan lingkungan sekitar kampus yang kurang.
 Sebab, berdasarkan pantauan Radar Bogor, di sekitaran kompleks IPB Dramaga, terdapat banyak pedagang kaki lima (PKL).

Sementara lokasi tempat mereka berjualan berada persis di atas atau tepi sungai yang kotor dan bau. Ada juga pedagang yang menjajakan makanannya dekat dengan tempat sampah yang diurungi lalat.

“Bisa jadi itu salah satu kemungkinan dari sana. Mungkin juga karena musim kemarau yang agak lama sehingga orang-orang santai dan kurang apik membersihkan saluran pembuangan airnya, ketika hujan turun dengan skala besar. Sehingga, tampaknya perubahan iklim ini juga berpengaruh. Tapi kami sedang mengkaji,” beber Yatri.


Penulis: izo/rub/d/dil/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments