Rabu, 16 Juni 2021

Ngaku Pegang Surat Rekomendasi, Santi Wirda Janjikan Honorer Jadi PNS

Rabu, 06 Mei 2015 | 22:28:10 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Ist

MUARA SABAK – Oknum Pengawai Negeri Sipil (PNS) bernama Santi Wirda diduga telah melakukan penipuan terhadap sejumlah tenaga honorer kategoru dua (KII) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Mengaku mengantongi surat rekomendasi dari pusat, Santi mengatakan bisa mengurus pengangkatan honorer KII asalkan menyerahkan sejumlah uang.

Salah seorang honorer K2 yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya dan ratusan honorer K2 lainnya mempercayai Santi Wirda karena ia memegang surat rekomendasi dari pemerintah pusat, yang menyebutkan bahwa ia dipercayakan untuk mengkoordinir ratusan honorer K2 di Tanjabtim. Surat rekomendasi yang diduga dipalsukan ini juga diperkuat dengan pernyataan Santi Wirda, yang siap bertanggung jawab atas ratusan honorer K2 di Tanjabtim.

“Jadi Santi Wirda itu memiliki dua surat, pertama surat yang katanya rekomendasi dari pemerintah pusat. Kemudian surat pernyataan yang dibuatnya sendiri di atas materai, yang menyebutkan dirinya bertanggung jawab penuh atas ratusan honorer K2 di Tanjabtim,” ungkap honorer tersebut.

“Yang memberikan uang bukan saya saja, tapi juga rekan-rekan yang lain. Yang menerima bukan Santi Wirda langsung, namun seorang guru yang katanya ditugaskan untuk mengumpulkan uang tersebut,” tandasnya.

Sementara itu Santi Wirda saat dikonfirmasi membantah jika dirinya memberikan harapan palsu kepada ratusan honorer K2 di Tanjabtim. Menurutnya, apa yang dilakukannya hanya bersifat untuk membantu para honorer K2 di Tanjabtim. Bahkan dalam hal ini dirinya selalu berkoordinasi dengan Sekda Tanjabtim, Sudirman.

“Soal ini saya selalu berkoordinasi dengan Pak Sekda. Jadi, semua tudingan itu tidak benar," tukasnya.

Adapun Sekda Tanjabtim, Sudirman, memnbenarkan jika Santi Wirda pernah mendatangi ruang kerjanya. Saat itu, kata Sudirman, Santi Wirda meminta bantuan Pemkab Tanjabtim agar datang ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk menghadap seseorang.

“Katanya SW (Santi Wirda) sudah menghimpun beberapa honorer K2. Cuma yang mau didorong adalah orang-orang yang tidak lulus K2. Saya terus terang menolak. Karena Pemkab Tanjabtim mempedomani instruksi Kemen-PAN dan BKN," tegas Sudirman.

 


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments