Minggu, 4 Desember 2022

Razia Swalayan, Disperindag Amankan Sejumlah Produk Kadaluarsa

Selasa, 22 Desember 2015 | 01:03:59 WIB


Petugas Disperindag Provinsi Jambi saat memeriksa bahan makanan di salah satu swalayan yang dirazia.
Petugas Disperindag Provinsi Jambi saat memeriksa bahan makanan di salah satu swalayan yang dirazia. / Hendro

JAMBI - Sejumlah swalayan di Kota Jambi, Senin (21/12), dirazia oleh petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi beredarkan makanan kadaluarsa dan tidak layak konsumsi jelang Natal dan Tahun Baru.

Hasil dari razia tersebut, petugas menemukan sejumlah bahan makanan dalam yang kemasannya rusak dan tidak berlabel. Kemudian ada juga daging sapi beku yang tidak memiliki masa berlaku.

“Kita memberikan pembinaan kepada pihak swalayan, agar hal ini menjadi perhatian. Jangan main-main lagi. Dalam waktu dekat kita juga akan memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), dimana produk kita akan bersaing dengan produk luar, baik dari segi kemasan maupun harga,” terang Filda Deviarni, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi saat dikonfirmasi.

Tidak hanya bahan makanan, Filda mengatakan pihaknya juga mengawasi perdagangan mainan anak-anak, dimana sudah wajib SNI (Standar Nasional Indonesia). Begitu juga dengan peralatan rumah tangga, juga harus bercap SNI.

Sementara itu untuk swalayan yang menjual daging beku, Filda mengatakan harus ada masa berlakunya. “Juga harus diperhatikan cara penyimpanannya, agar materi yang beku tidak hidup kembali,” tandasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments