Selasa, 24 November 2020

Disperindag Catat Ada 31 Motif Batik Jambi


Jumat, 23 Oktober 2015 | 13:20:38 WIB


Motif batik Jambi
Motif batik Jambi / Istimewa

JAMBI - Batik Jambi memiliki ciri khas yang unik dan eksotis, baik dari segi warna maupun motifnya. Sebagian besar pewarna batik Jambi diambil dari bahan-bahan alami, yaitu campuran dari aneka ragam kayu dan tumbuh-tumbuhan yang ada di jambi, seperti getah kayu lambato dan buah kayu bulian, daun pandan, kayu tinggi, dan kayu sepang.

Kepala Disperindag Kota Jambi, Komari, mengatakan tercatat lebih dari 31 motif batik tulis jambi yang masih dapat dijumpai, seperti Candi Muara Jambi, kaca piring, puncung rebung, angso duo bersayap mahkota, bulan sabit, pauh (mangga), Antlas (Tanaman), Awan Berarak, dan Riang-Riang.

Komari menambahkan, hingga tahun 2014 lalu tercatat sudah 84 usaha batik yang beroperasi di Kota Jambi. Jumlah itu tersebar di beberapa wilayah, namun yang paling besar ada di wilayah Sebrang Kota Jambi.

Saat ini, guna menjaga kelestarian batik-batik itu, Disperindag akan mematenkan batik-batik itu. Sehingga batik-batik Jambi ini akan semakin dikenal di masyarakat dan dapat menjadi ikon Jambi untuk kedepannya.

"Yang sudah dipatenkan ada, tapi mengupayakan lagi supaya lebih banyak," tuntasnya.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments