Rabu, 5 Agustus 2020

WASPADA!!! Narkoba Jenis Baru yang Sintetis itu Pakai Obat Gatal


Selasa, 08 Desember 2015 | 14:27:49 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Public Domain.

JAKARTA - Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Dedi Fauzi Elhakim mengatakan kartel narkoba internasional terus melakukan inovasi dengan menciptakan narkoba sintesis.

"Itu kan semakin susah dideteksi. Kristal sabu bisa dicampur caffein, paracetamol, atau obat gatal, itu sudah termasuk narkoba sintesis," katanya usai menggelar video konferensi dengan pemerintah Meksiko, di kantornya, Cawang, Jakarta, Selasa (8/12).

Dijelaskan, dahulu narkotika dikenal masyarakat hanya sebatas opium. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, turunan dari jenis narkotika pun berubah. Kartel Sinaloa Federation, misalnya. Awalnya kartel tersebut hanya memproduksi kokain.

Namun karena dihantam pemerintah Meksiko, mereka berubah dan memasarkan metaphitamin yang disebut sabu.

"Kartel di Meksiko sudah banyak yang bangkrut. Mereka akhirnya berubah, membuat narkotika sintesis dan semi sintesis," ungkap Dedi.

BNN terus menggali informasi terkait perkembangan narkotika.

Termasuk melakukan kerja sama dengan Kejaksaan Agung Meksiko, yang memiliki otoritas tentang pemberantasan narkoba di negara tersebut.

"Pangsa pasar Asia dalam mengonsumsi narkoba sangat besar. Terutama Indonesia dengan penduduk yang banyak. Jadi perlu penanganan lebih dini," pungkasnya.


Penulis: mg4/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN.COM

TAGS:


comments