Sabtu, 4 Juli 2020

Sulap Taman Kecil Depan Rumah Menjadi Lebih Cantik


Rabu, 06 Januari 2016 | 14:05:18 WIB


Meletakkan pijakan kaki atau stepping home membuat taman anda terlihat cantik
Meletakkan pijakan kaki atau stepping home membuat taman anda terlihat cantik / Rumah.com

HAMPIR semua perumahan baru yang terdapat di kompleks, klaster dan town house selalu dilengkapi oleh lahan hijau di depan pintu rumah. Sebagian orang cukup puas dengan kehadiran rumput Jepang dan beberapa pot tanaman yang menghiasi area hijau tersebut. Padahal taman depan rumah bisa disulap dan memberi pengaruh yang besar terhadap tampilan luar rumah Anda.

Memang tidak mudah menata taman yang berukuran kecil. Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 hanya “dijatah” tanah sisa sekitar 300×300 cm. Sebenarnya kuncinya adalah jangan terlalu berlebihan, tapi juga harus rajin melakukan perawatan secara rutin. Beberapa ide di bawah ini mungkin bisa menginspirasi Anda untuk bersemangat menghias taman depan rumah, seperti diulas oleh Houzz.

1. Meletakkan pijakan kaki atau stepping stone

Pijakan kaki yang ditata sedemikian rapi bisa terlihat cantik dengan dikelilingi oleh bunga membuat taman Anda terlihat cantik dan menyambut siapapun yang lewat didepan rumah. Di ujung stepping stone, letakkan sepasang kursi yang bersanding dengan sangkar burung atau pohon berukuran sedang untuk mempercantik tampilan.

2. Tanam pohon kerdil

Pohon dengan ketinggian sedang dan rendah bisa menambah estetika taman kecil Anda. Untuk taman yang terlihat diatas, satu pohon ditanam pada bagian tengah taman, kemudian pohon kedua ditanam di seberangnya. Ketinggiannya bisa Anda sesuaikan dengan ukuran taman yang Anda miliki.

3. Rumput tinggi

Tanaman dengan rumput tinggi yang dibentuk bulat secara rapi bisa memberi kesan proteksi untuk bagian depan rumah Anda. Jika pengembang Anda melarang pemasangan pagar didepan rumah, maka Anda bisa mensiasati cara ini untuk memberi kesan privasi. Beberapa pohon dengan dedaunan lebat seperti Pucuk Merah bisa menjadi pilihan murah meriah Anda.

4. Nuansa pinggir pantai

Bawa sensasi hunian di tepi pantai ke depan rumah Anda dengan taman yang ditata sedemikian rupa. Cukup dengan menanam beberapa tanaman dan bunga warna warni seperti Lavender, daun sage, ataupun bunga Matahari Liar/semak yang juga sering disebut Tree Marigold. Perpaduan warna tersebut terlihat sangat cantik untuk taman kecil seperti contoh diatas.

5. Taman dengan tanah landai
Jika rumah Anda memiliki sisa lahan namun tanahnya tidak rata atau bersifat landai, Anda bisa membuat taman yang membentuk kotak dengan ketinggian yang semakin rendah layaknya sengkedan.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda tinggal membuat pot tanaman berbentuk segipanjang yang terbuat dari seng atau baja yang kemudian diisi tanah dan kompos. Setelah itu pilih tanaman dengan perawatan yang mudah seperti Cemara Norfolk, Dracaena Fragrans dan Chinese Evergreen.

Selamat mencoba!



Penulis: Isnaini Khoirunisa
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: rumah.com

TAGS:


comments