Senin, 16 Desember 2019

Membangun Rumah Bertenaga Surya yang Hemat Biaya


Senin, 11 Januari 2016 | 14:32:32 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Foto: Jan Piotrowicz

BAGI mereka yang berpikir skeptis bahwa energi alternatif itu membuang-buang waktu dan going green hanya untuk orang yang luar biasa kaya, mereka harus berpikir ulang jika melihat rumah yang terletak di West Kirby, Inggris, berikut ini.

Dirancang oleh Colin Usher, direktur John McCall Architects yang berbasis di Inggris, penampilan luar rumah bertenaga surya ini nampak seperti rumah biasa pada umumnya. Ia merancang rumah ini guna menegaskan bahwa kediaman yang membanggakan bukan dilihat dari besarnya tagihan per bulan tetapi rumah yang minim tagihan dan efisiensi tinggi dalam penggunaan energi.

Setelah dua tahun ditempati, Usher melaporkan bahwa total penggunaan energi hanya 3.453 kWh per tahun. Hampir sepenuhnya seimbang dengan listrik 3.338 kWh dari panel surya di atap. Ini berarti tagihan energi hanya GBP15 per tahun atau sekitar USD2 per bulan.

Menurut situs web John McCall Architects, material yang digunakan Usher untuk rumah tersebut terdiri dari batu yang terinsulasi dengan baik, struktur beton, jendela kaca lapis tiga, dan air source heat pump (pompa udara sumber panas). Panel surya yang terletak di atap rumah, bagaimanapun, adalah kunci untuk menjaga tagihan listrik tetap stabil.

Dilansir dari laman Elledecor, untuk membangun rumah bertenaga surya ini biaya yang dikeluarkan tidak setinggi yang Anda bayangkan. Nilai properti milik Usher hanya USD358.000 atau setara dengan Rp5 miliar.

Bagian dalamnya, yang bermandikan cahaya alami matahari, tidak kalah mengagumkan dari bagian luarnya. Istri Usher bisa memiliki cukup ruang untuk menggantung hasil karya seninya di setiap sudut rumah.



Penulis: Fathia Azkia
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: rumah.com

TAGS:


comments