Selasa, 22 Oktober 2019

Pasokan Gas Elpiji untuk Jambi Bakal Ditambah


Senin, 25 Januari 2016 | 11:21:22 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Tahun 2016 ini akan ada penambahan pasokan gas ke Provinsi Jambi, baik untuk gas elpiji bersubsidi 3 kg, maupun pasokan gas non subsidi 12 kg. Namun belum ada angka pasti jumlah penambahannya.

Parrama Ramadhan, Jr, Sales Executive LPG I PT Pertamina (Persero) Gas Domestic Marketing Operation Region II mengatakan, setiap tahun memang pasokan bertambah. Namun angka pasti dari pusat belum ada untuk 2016 ini.

"Secara historis memang setiap tahun bertambah, tidak terkecuali Jambi. Namun kami belum mendapatkan angka pasti dari pusat berapa penambahannya," kata Parrama.

Saat ini, kebutuhan dan pasokan gas elpiji ke Provinsi Jambi masih sama seperti sebelumnya. Untuk gas elpiji 3 kg, pasokan dan kebutuhan di Provinsi Jambi adalah 4.800 matrixton setiap bulan. Sementara untuk elpiji 12 kg, kebutuhan di Provinsi Jambi sekitar 20 matrixton setiap hari, atau 600 matrixton setiap bulan.

Ditanyakan apakah ada penurunan permintaan gas elpiji dengan program gas rumah tangga (city gas, red) di dua kelurahan Kota Jambi? Parrama mengatakan memang ada sedikit pengaruh. Namun, menurutnya pengaruh tidak terlalu signifikan, karena hanya terjadi di daerah yang menjadi sasaran gas rumah tangga.

"Data dari Pemkot Jambi belum kita terima. Namun di Handil dan Thehok, tempat program gas rumah tangga, memang ada sedikit penurunan," tandasnya.

Sementara itu Kepala Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Provinsi Jambi, Mashaeruddin Wahab, mengatakan tidak terjadi penurunan permintaan meski ada program gas rumah tangga. Dikatakannya, permintaan dan kebutuhan gas elpiji, khususnya 3 kg, masih sama seperti tahun 2015.

"Saya tidak ingat berapa kebutuhan perharinya, ada di kantor datanya. Namun, tidak ada penurunan signifikan," tandasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments