Senin, 10 Mei 2021

Jelang Pengalihan Aset, Disdik Klaim Pendataan Tuntas


Kamis, 28 Januari 2016 | 16:26:50 WIB


Mulyadi, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Jambi
Mulyadi, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Jambi / Amril Hidayat

JAMBI - Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, mengenai pengalihan tanggung jawab pendidikan tingkat SMA/SMK kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi mengklaim sudah melakukan pendataan aset untuk pengalihan ke Pemprov Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Mulyadi, mengatakan Disdik Kota Jambi sudah tuntas melakukan pendataan aset yang akan dialihkan. “Sudah 100 persen,” kata Mulyadi, tanpa menyebut jumlah aset yang sudah selesai didata.

Dijelaskannya, setelah pendataan selesai, saat ini sedang berjalan verifikasi hasil pendataan yang dilakukan bersama antara Disdik Provinsi dan Disdik Kota, yang juga melibatkan Dinas Pengelola Keuangan Aset Daerah, BKD dan juga Bappeda Kota Jambi.

Verifikasi menurutnya dilaksanakan terus menerus hingga 2 Oktober 2016 mendatang. Dimana, di 2 Oktober tersebut semua data dianggap sudah valid dan sudah ada serah terima atau pengalihan aset.

Panjangnya waktu validasi ini, jelasnya, dikarenakan banyaknya aset yang harus didata secara lengkap dan benar. Karena, yang akan dialihkan nantinya bukan hanya aset berupa fisik bangunan dan gedung saja, namun termasuk tenaga yang ada pada satuan pendidikan tersebut.

Menurutnya, pendataan dilakukan secara hati-hati untuk mencegah ada yang tidak masuk dalam pendataan, apalagi termasuk tenaga pendidik. “Kita tak ingin ada kesalahan dalam pendataan, karena bisa berakibat fatal, apalagi terkait dengan tenaga pendidik,” sebutnya.

Disebutkannya, bukan hanya guru aktif yang dihitung, namun guru tingkat SMA/SMK yang pensiun juga ikut didata. “Ini terkait gaji, nanti kalau tak termasuk dalam pendataan bisa bahaya. Makanya kita sangat hati-hati,” tukasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments