Kamis, 22 April 2021

17 Sekolah Lolos Verifikasi untuk UN Sistem CBT


Sabtu, 30 Januari 2016 | 10:11:34 WIB


Walikota Jambi saat memantau UN di SMPN 7 Kota Jambi lewat layar monitor dari ruang pantau beberapa waktu lalu.
Walikota Jambi saat memantau UN di SMPN 7 Kota Jambi lewat layar monitor dari ruang pantau beberapa waktu lalu. / Hardiyansyah

JAMBI - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA sederajat diperkirakan akan dilaksanakan pada April 2016 mendatang. Ada 17 sekolah di Kota Jambi yang sudah dipastikan lolos verifikasi dari pusat untuk melaksanakan UN dengan sistem Computer Based Test (CBT).

"SMK juga ada yang akan menggunakan sistem CBT," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, Saiful Huda.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kota Jambi, Arman, mengatakan untuk tingkat SMP ada lima sekolah yang akan menggunakan sistem CBT untuk UN tahun ini, terdiri dari tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

"Sekolah negeri ada SMPN 7, SMPN 1, dan SMPN 6. Kalau swastanya ada SMP Xavirius 1 dan SMP Unggul Sakti. Jadi ada tambahan 4 sekolah. Kalau tahun lalu hanya SMPN 7 saja," sebut Arman.

Untuk persiapan, kata Arman, sejauh ini tidak ada masalah. Bahkan ia menyebutkan ada bantuan komputer dari pusat. "Komputer kita standby. Tapi kalau ada siswa yang mau bawa laptop pribadi juga tidak masalah, tinggal kita sesuaikan dengan sistemnya. Jaringan saat ini sedang dalam tahap persiapan," ujarnya.

Adapun Mulyadi, Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Jambi mengatakan, untuk tingkat SMA ada 12 sekolah yang sudah siap untuk melaksanakan UN CBT, yakni SMAN 1, SMAN 6, SMAN 3, SMAN 9, dan SMA Unggul sakti. Untuk SMK juga ada 6 sekolah, yakni PGRI 2, Unggul Sakti, Attaufik, DB 4, Harapan Bangsa, dan Karang Berahi.

"Sekolah yang akan melaksanakan UN CBT harus memenuhi beberapa syarat, seperti harus mempunyai laboratorium komputer. Untuk syarat teknisnya, memiliki server dengan ram minimal 8 GB, prosesor 4 core dan hardisk 250 GB," ujarnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments