Selasa, 29 September 2020

Berkas Kasus TPPU Diding Diteliti Jaksa


Minggu, 27 Maret 2016 | 21:23:59 WIB


Penyidik Subdit II DItreskrimsus Polda Jambi saat melakukan penyitaan terhadap aset milik Diding.
Penyidik Subdit II DItreskrimsus Polda Jambi saat melakukan penyitaan terhadap aset milik Diding. / dok.metrojambi.com

JAMBI – Penyidik Subdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi belum lama ini telah merampungkan berkas pemeriksaan terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Didin alias Diding. Bahkan berkas telah pula dilimpahkan tahal I ke kejaksaan.

“Beberapa hari lalu berkas pemeriksaan untuk kasus TPPU Diding telah dilimpahkan. Dan saat ini berkas masih di jaksa,” kata Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi, Kompol Wirmanto, Minggu (27/3).

Saat ini, lanjut Wirmanto, berkas masih diteliti dan penyidik menunggu petunjuk dari jaksa. Jika nantinya masih ada kekurangan, sambung Wirmanto, penyidik siap melengkapi lagi berkas pemeriksaan sesuai dengan petunjuk yang diberikan jaksa.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk. Jadi kita belum tahu apakah berkas sudah dinyatakan lengkap atau masih ada kekurangan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Diding awalnya ditangkap terkait tindak pidana penyalahgunaan narkoba, dimana ia disebut-sebut sebagai salah satu bandar besar di kawasan Pulau Pandan. Selain kasus narkoba, pemeriksaan terhadap Diding kemudian berkembang ke dugaan TPPU.

Terkait pengusutan dugaan TPPU tersebut, penyidik Subdit II Ditreskrimsus Polda Jambi juga sudah melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset milik Diding. Diantaranya, kebun kelapa sawit seluas 17,6 hektar, serta dua unit bangunan di kawasan Pulau Pandan, Kota Jambi.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments