Selasa, 18 Februari 2020

Urgensi Perda P4GN


Kamis, 21 April 2016 | 16:05:19 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

Untuk itu, ditingkat daerah diperlukan payung hukum berbentuk Peraturan Daerah (Perda) untuk melakukan upaya P4GN dengan fokus melakukan antisipasi dini, pencegahan, dan partisipasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari Narkoba.

Ruang lingkup pengaturan yang dibisa dilakukan seperti: (1). menyeleksi calon siswa, mahasiswa, pegawai/pekerja dengan tes narkoba. (2) Melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang bahaya narkoba dan pola hidup sehat dalam materi ajar, lingkungan kerja dan masyarakat seperti di posyandu & PKK dll secara intensif dan kontiniu.

(3) Melakukan pengaturan pemondokan, kos-kosan, hotel dan tempat-tempat usaha lainnya untuk membuat papan larangan penyalahgunaan narkoba, membuat surat pernyataan diatas materai bagi penghuni. (4) Peningkatan peran serta masyarakat, misalnya; disetiap lingkungan pendidikan, kerja, kelurahan/desa diupayakan terbentuk kader anti narkoba, satuan tugas anti narkoba, dan lembaga konseling.

(5) pemberdayaan lingkungan masyarakat (membentuk kampung anti narkoba) dan pemberdayaan lingkungan kerja melalui inisiatif menciptakan lingkungan narkoba seperti dengan melakukan tes urine dan tes rambut secara berkala pada anggotanya dan pada saat proses rekrutmen pegawai, seleksi masuk lembaga pendidikan, prosedur kenaikan pangkat, maupun penyuluhan dari kader yang ditunjuk di masing-masing lingkungan.

Dengan adanya perda tersebut daerah mempunyai landasan hukum lebih kuat dalam upaya P4GN. Kalaupun ada yang menyatakan bahwa percuma dibuat perda tetapi penegakannya melempem, itu bab lain lagi yang bisa didiskusikan. Karena dalam penegakan hukum ada 3 faktor yang mempengaruhi pertama peraturannya, aparat penegakan hukumnya dan kondisi sosial budaya masyarakatnya.

Pesan sponsornya, Penulis siap membantu membuatkan Naskah Akademik bagi daerah yang ingin membuat Perda tentang P4GN. Dengan keterlibatan semua lapisan masyarakat memerangi narkoba, semoga bangsa ini segera bebas dari peredaran gelap narkoba sehingga tercipta generasi pelurus bangsa yang sehat dan siap membangun dearah, bangsa dan negara.

 


Penulis: Penulis adalah Dosen Fisipol Unja
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments