Selasa, 17 September 2019

Mahar Politik, Hambat Kandidat Berkualitas


Senin, 06 Juni 2016 | 13:26:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MESKIPUN pendaftaran pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pilkada serantak 2017 baru dibuka tiga bulan lagi, yaitu 19-21 September 2016, namun tarik menarik peta politik di tiga daerah, yakni Sarolangun, Muaro Jambi, dan Tebo sudah sangat kuat.

Dengan tidak adanya partai politik yang memiliki kuota untuk dapat mengusung sendiri calonnya. Para bakal calon dan elit-elit parpol mulai gencar membangun komunikasi dan lobi-lobi politik untuk menjajaki kawan koalisi demi memenangkan kompetisi. Apalagi  pada bulan Ramadan ini, akan menjadi “panggung” politik bagi para bakal calon untuk memperebutkan simpati masyarakat dan merupakan waktu yang tepat meningkatkan popularitas sehingga akan dilirik oleh parpol yang selalu berdalih (berdasarkan hasil survei) untuk meminang bakal calon menjadikan pasangan calon.

Empat bulan ke dapan, lembaga survei juga panen THR, karena semua parpol aktif melakukan survei untuk mengetahui tren popularitas kandidat dan tren perilaku pemilih. Elektabilitas semua bakal calon terus dipantau dengan mencoba menyanding-nyandingkan kandidat satu dengan lainnya untuk posisi bupati atau wakil bupati.

Penulis: Mochammad Farisi, Dosen Fisipol Unja dan Divisi Politik ICMI Orwil Jambi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments