Rabu, 30 September 2020

Dicalonkan Jadi Kapolri, Ini Kata Tito Karnavian


Kamis, 16 Juni 2016 | 12:40:29 WIB


Komjen Tito Karnavian
Komjen Tito Karnavian / istimewa

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Tito Karnavian akhirnya berkomentar atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menunjuknya sebagai calon tunggal Kapolri. Tito mengaku sudah diberitahu oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menseskab Pramono Anung terkait rencana tentang tugas barunya itu.

Menurut Tito, keputusan Presiden Jokowi itu merupakan perintah. Sebagai prajurit, pilihan bagi Tito adalah menjalankan perintah meski sebenarnya ada perwira tinggi Polri yang lebih senior ketimbang mantan Kapolda Metro Jaya itu.

"Saya memahami saya termasuk junior dalam generasi kepolisian, tapi ini perintah. Sebagai prajurit tidak boleh melanggar perintah apalagi dari presiden. Pasti akan saya lakukan semaksimal mungkin apapun risikonya," kata Tito kepada wartawan di gedung DPR Jakarta, Kamis (17/6).

Jenderal Polri dengan tiga bintang di pundak itu hadir di DPR dalam rangka rapat untuk membahas rencana kerja dan anggaran kementerian/lembaga dalam rangka penyusunan RAPBN 2017. Rapat yang digelar di Komisi III DPR itu juga dihadiri Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

Tito menambahkan, dirinya akan merangkul semua pihak termasuk senior-senior di Korps Bhayangkara jika kelak sudah dilantik sebagai Kapolri. Apalagi, ini bukan kali pertama dirinya bekerja sama dengan senior-seniornya di Polri.

"Hubungan kami sangat baik dengan senior-senior. Di Polda Metro juga sama. Wakil saya angkatan 83 (Akpol 1983), saya angkatan 87. Kami bisa kerja sama dengan baik," jelasnya.


Penulis: fat/jpnn
Editor:
Sumber: jpnn.com

TAGS:


comments