Minggu, 28 November 2021

Keren, Ada Odong-odong Smart dari Makassar

Jumat, 13 Mei 2016 | 11:49:25 WIB


Odong-odong smart.
Odong-odong smart. / Foto: fajar

MAKASSAR - Odong-odong semula hanyalah mainan anak-anak yang sering berkeliling di kawasan penduduk. Namun oleh Camat Rappocini Hamri Haiya, kendaraan ini dirancang unik menggunakan tiga roda, bagian belakang pengemudinya dapat menampung empat penumpang. Bagian depan khusus, untuk sopirnya.  Kendaraan ini tak menggunakan bahan bakar fosil, melainkan menggunakan listrik.

Ya, ini semua tentang inovasi baru. Namanya mungkin akan terdengar lucu, yaitu Odong-odong Smart. Mengadopsi nama beberapa program Pemkot Makassar yang juga memiliki nama belakang smart sebagai bagian program smart city.

"Ada empat baterai yang kami siapkan. Biasanya sekali pengecasan butuh waktu empat jam. Bisa dijalankan hingga jarak 30 kilometer," ungkap Hamri, seperti dikutip dari Fajar.

Menurutnya, kendaraan Odong-odong Smart ini sangat cocok untuk pariwisata. Wisatawan asing bisa menggunakannya untuk keliling Makassar. Atau di kawasan objek wisata tertentu saja.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga mencoba kendaraan tersebut di Pantai Losari, kemarin. Dia juga menilai sangat cocok dikembangkan untuk kendaraan wisata di Makassar.

Bentuk Odong-odong Smart ini memang simpel. Sesederhana namanya. Tetapi, setidaknya ramah lingkungan.


Penulis: (andi syaeful/fajar/adk/jpnn)
Editor:
Sumber: jpnn.com

TAGS:


comments