Jumat, 22 Oktober 2021

Keren, Mahasiswa Ini Bikin Casing HP dari Limbah Rotan

Rabu, 27 Juli 2016 | 13:49:38 WIB


ilustrasi
ilustrasi / pustakalewi.net

SURABAYA – Ternyata rotan tidak hanya bisa menjadi bahan baku mebel seperti lemari, meja, atau kursi saja. Di tangan Isahito Norhatan, mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) ini menyulap rotan sebagai bahan utama cover handphone (casing).

Lebih tepatnya, Isahito menggunakan limbah kulit rotan yang biasanya dibuang karena tidak terpakai.

“Indonesia kan terkenal menjadi supplier rotan terbesar. Nah kadang dari rotan-rotan yang dibuat itu ada limbah berupa kulit. Dan itulah yang lantas saya buat untuk casing hp seperti ini,” ujar Isahito saat menunjukkan produk yang diberinya nama Livcase.

Mahasiswa Jurusan Desain Manajemen Produk angkatan 2011 ini lalu menjelaskan bahwa pembuatan Livcase ini mudah dan butuh kesabaran.

Pertama limbah kulit rotan dia ubah menjadi serat rotan. Lalu serat rotan itu dipress dan dicetak menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 12,6 cm x 6,1 cm.

“Setelah dicetak nanti tinggal dirapikan dan diberi warna,” tambahnya.

Kebetulan produk Livcase ini memiliki tujuh warna pilihan. Antara lain deep red, natural green, dark blue, natural, light red, woodish red, dan tarum green.

“Untuk pewarnanya, saya menggunakan pewarna alami seperti dari daun tarum untuk warna hijau dan kayu secang untuk warna coklat,” ujar Isahito saat ditemui Rabu (20/7).

Meski terbuat dari bahan limbah rotan, Isahito menjamin jika Livcase tahan lama karena dengan bahan tersebut hp jadi tahan gores.

Selain itu, bahan yang ramah lingkungan dan desain ramping menjadikan Livcase cocok dipakai oleh semua generasi.

Yang berjiwa muda bisa memakai Livcase dengan warna yang mencolok seperti light red, sedang warna natural dapat dipilih bagi yang suka warna-warna kalem.

Dia berharap ke depannya Livcase tidak hanya untuk casing HP saja namun juga mampu untuk meng-cover peralatan elektronik lainnya seperti kamera atau TV.


Penulis: (rul/no)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments