Senin, 16 September 2019

Hii.. Ada Bangkai Paus Kepala Botak Terdampar di Aceh


Jumat, 05 Agustus 2016 | 11:26:39 WIB


Inilah paus kepala botak yang terdampar di perairan Indonesia, kemarin (4/8).
Inilah paus kepala botak yang terdampar di perairan Indonesia, kemarin (4/8). / dok/jawapos

SEJUMLAH warga di pesisir Pantai Desa Baet, Syiah Kuala, Banda Aceh dikejutkan dengan temuan seekor paus kepala botak (Physeter macrocephalus), kemarin (4/8).

Paus rupanya dalam kondisi mati. Meski telah diotopsi tim Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, penyebab mamalia laut terbesar di dunia tersebut belum diketahui.

"Semula ada dua paus, tetapi yang satu berhasil kembali ke laut. Satu lagi akhirnya mati," kata Kepala Satuan Kerja Pengawasan dan Sumber Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh Bustami, dikutip dari Jawapos.com.

Diduga, perubahan cuaca mengakibatkan paus terdampar hingga mati. Sejumlah saksi menyebutkan, awalnya, ikan raksasa itu berjumlah dua ekor. Namun, satunya berhasil kembali ke laut.

Hingga kemarin sore, bangkai ikan tersebut masih berada di tepi pantai. Belum ada kepastian paus sepanjang 8 meter itu dikubur atau ditarik ke laut.

Informasi terdamparnya paus pun tersebar luas di media sosial hingga ratusan warga Banda Aceh berdatangan ke lokasi untuk melihat langsung dan mendokumentasikan momen langka tersebut.

Menurut Bustami, bakteri yang terkandung pada paus itu tak baik untuk dikonsumsi manusia. Bahkan, menyentuh paus yang sudah mati membahayakan kesehatan."Jangankan manusia, anjing yang makan saja berbahaya kalau paus tersebut sudah mati," ujarnya.


Penulis: (ibi/mai/mam/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments