Kamis, 6 Mei 2021

MIRISNYA! Meja Belajar Siswa di Batanghari Ini Bolong-bolong


Jumat, 23 September 2016 | 11:16:40 WIB


PRIHATIN: Kondisi meja belajar siswa SDN 106  memprihatinkan. Tampak tiga murid terpaksa pada satu meja yang berlubang.
PRIHATIN: Kondisi meja belajar siswa SDN 106 memprihatinkan. Tampak tiga murid terpaksa pada satu meja yang berlubang. / Junaidi

MUARABULIAN – Di balik program sekolah gratis yang dibangga-banggakan Pemerintah Kabupaten Batanghari, hingga saat ini masih saja dijumpai sekolah-sekolah yang mengalami kekurangan fasilitas belajar. Contohnya  seperti meja dan kursi bagi peserta didik di sekolah-sekolah yang berada di wilayah Bumi Serentak Bak Regam ini.

Ini tampak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 106 Desa Pelayangan, Kecamatan Muaratembesi. Bagaimana tidak, sekolah ini masih kekurangan fasilitas belajar seperti meja dan kursi. Bahkan meja yang ada pun kini sudah mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan.

Pantauan di lapangan, SDN 106 Desa Pelayangan ini terpaksa harus membagi jumlah kursi dan meja untuk setiap Ruang Kelas Belajar (RKB). Parahnya lagi pada satu ruangan kelas terlihat sebagian murid harus duduk bertiga dalam satu meja belajar.‎ Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas belajar siswa di sekolah tersebut.

Terkait hal tersebut, Kepala Sekolah SD Negeri 106 Desa Pelayangan A Majid AMaPd‎ saat dikonfirmasi  menuturkan, di sekolah yang dipimpinnya itu hampir semua kelas yang mengalami kekurangan fasilitas belajar. Namun yang paling dominan terdapat pada ruang kelas III.

"Kondisi ini hampir dialami semua kelas. Akan tetapi, ada satu ruang kelas yang paling dominan kekurangan meja dan kursi, yakni ruang kelas tiga," kata A Majid.

Tidak hanya itu, ungkap Kepsek Majid, beberapa meja yang terdapat pada ruang kelas tersebut, kini sudah banyak yang bolong-bolong alias berlubang karena termakan usia. Sehingga kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments