Kamis, 6 Mei 2021

FDJ Gelar Dialog Tentang Pancasila


Jumat, 07 Oktober 2016 | 20:32:06 WIB


Kegiatan dialog dan diskusi tentang Pancasila yang digelar FDJ
Kegiatan dialog dan diskusi tentang Pancasila yang digelar FDJ / istimewa

JAMBI – Forum Diskusi Jambi (FDJ) belum lama ini mengadakan seminar kebangsaan sekaligus diskusi dan dialog dengan tema ‘Pancasila dan Tantangannya’. Kegiatan yang digelar di Kota Sungai Penuh tersebut menghadirkan tiga orang pembicara, yakni Hartati dan Elita Rahmi dari Fakultas Hukum Universitas Jambi (Unja), serta Jafar Ahmad dari IAIN Kerinci.

Dalam pemaparannya Jafar Ahmad mengatakan bahwa Pancasila bukan hanya dasar negara yang merupakan sumber hukum dalam pelaksanaan ketetanegaraan, tetapi juga sebagai falsafah dan ideologi bangsa. Selain itu, Pancasila juga sebagai perekat dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

“Maka dari itu, nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Jafar.

Sementara itu Elita Rahmi dalam pemaparannya mengatakan, tantangan ke depan akan semakin kompleks, apalagi saat ini sudah memasuki era globalisasi. Maka dari itu, nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus dikuatkan.

Adapun Hartati, dalam pemaparannya mengatakan saat ini banyak generasi muda yang tidak lagi memahami nilai-nilai Pancasila. Akibatnya, kata Hartai, sering terjadi perpecahan dan pertikaian antar generasi muda.

Ditambahkannya, untuk menyikapi berbagai bentuk perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, nilai-nilai Pancasila perlu diperkuat, khususnya di kalangan generasi muda. “Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan pada setiap generasi muda kita. Sehingga siap menghadapi tantangan ke depan,” pungkasnya.

Pemaparan ketiga narasumber mendapat berbagai tanggapan dari para peserta seminar. Namun pada intinya mereka mendukung adanya penguatan terhadap nilai-nilai Pancasila dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments