Sabtu, 11 Juli 2020

Zat Besi dan Asam Folat Ampuh Sembuhkan Anemia


Selasa, 11 Oktober 2016 | 11:19:13 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

ANEMIA atau kekurangan sel darah merah seringkali dialami sejumlah orang. Anemia berasal dari bahasa Yunani artinya tanpa darah. Ini adalah penyakit kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

Dilansir Boldsky, banyak gejala yang dialami saat seseorang mengalami anemia. Pengidap anemia mengalami detak jantung yang cepat, kulit pucat, kuku rapuh dan juga dapat menderita wasir. Anda akan mulai merasa lemah sepanjang waktu dan kadang-kadang sulit beranjak dari tempat tidur.

Anemia dapat disembuhkan dengan cara alami. Pola makan yang baik dengan banyak mengonsumsi zat besi atau suplemen asam folat. Banyak sumber makanan yang kaya zat besi.

Daging merah, ikan, kuning telur, kerang dan unggas adalah deretan makanan yang baik diasup saat anemia menyerang. Besi dari masing-masing sumber makanan mudah diserap di dalam usus.

Zat besi juga tidak hanya diperoleh dari makanan hewani tetapi juga dari kacang-kacangan. Zat besi juga mudah diperoleh dari makanan nabati termasuk buah-buahan kering, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah ara, kurma, aprikot kering, bit, kismis.

Sayuran berdaun hijau juga baik seperti bayam, sereal, roti, dan kacang polong. Sumber-sumber lain dari besi seperti tahu dan stroberi. Pola makan gizi seimbang dan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi dan asam folat menjadi cara yang ampuh.

Tak hanya itu, ada sejumlah pantangan yang harus dihindari saat anemia. Kopi, teh, serta minuman kafein lainnya harus dihindari karena mereka mengurangi penyerapan zat besi.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments